Review jurnal tentang "Competitive Advantage"

 Jurnal "SME's Internationalization: The Role of Product Innovation, Market Intelligence, Pricing, and Marketing Communication Capabilities"


Pendahuluan
    Usaha kecil dan menengah (UKM) memegang peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja di Malaysia. Pada 2017, 97.3% dari tempat usaha adalah UKM dan mereka berkontribusi pada 37% produk domestik bruto dan 66% dari total lapangan kerja di Malaysia. UKM perlu mendapatkan keunggulan kompetitif untuk bersaing dengan pelaku industri lainnya di seluruh dunia. 
    Memahami kapabilitas penting yang berkontribusi pada keunggulan kompetitif akan memandu UKM yang bermaksud mengeksplor pasar internasional untuk menilai kesiapannya. Pembuat kebijakan dan pengusaha dapat memfokuskan program pengembangan kapabilitas mereka terhadap kapabilitas yang sangat terkait dengan keunggulan kompetitif untuk mengekspor UKM. Oleh karena itu, kapabilitas penting yang terkait dengan keunggulan kompetitif yang dapat mengarah pada kinerja internasional UKM dan apakah keungguluan kompetitif merupakan mediator yang menghubungkan kapabilitas tersebut dengan kinerja internasional UKM perlu diteliti.

Metodologi
    Keunggulan kompetitif yang diteliti yaitu kapabilitas product innovation, market intelligence, pricing, dan marketing communication dengan sampel UKM pengekspor adalah sampel acak perusahaan dari populasi sektor masing-masing yang terlibat aktif dan reguler, dengan setidaknya 25% penjualan berasal dari ekspor. Studi menggunakan petunjuk MATRADE (Malaysia External Trade Development Corporation) sebagai kerangka sampling karena sebagian besar eksportir merupakan anggota MATRADE. 
    Pengumpulan data dilakukan dalam dua tahap:
  • Pilot study
  • Kuesioner (Skala Likert 5 poin)  
dengan pendekatan PLS-SEM menggunakan SmartPLS 3.2.8. Data dikumpulkan pada tahun 2018 dan total diperoleh 119 kasus yang valid.

Hasil dan Kesimpulan
    Berdasarkan hasil R kuadrat maka model penelitian menjelaskan 44,2% varian keunggulan kompetitif dan 23,1% dari varian kinerja internasional UKM. Dari hasil pengujian hipotesis, dapat diambil kesimpulan bahwa,
  • Kapabilitas product innovation, market intelligence, pricing adalah 3 kapabilitas penting yang mengarah pada keunggulan kompetitif UKM pengekspor di negara Malaysia.
  • Kapabilitas marketing communication memiliki pengaruh yang tidak signifikan pada keunggulan kompetitif UKM pengekspor di negara Malaysia.
  • Hanya kapabilitas pricing yang memiliki pengaruh signifikan tidak langsung pada kinerja internasional UKM melalui efek mediasi keunggulan kompetitif.

Batasan 
  • Keunggulan kompetitif umum yang diuji hanya terbatas pada harga, produk dan layanan.
  • Ukuran sampel relatif kecil.
  • Penelitian tidak mempertimbangkan kemungkinan keterkaitan di antara keempat kapabilitas.


Comments

Popular Posts